Hindari cara asuh helikopter, apa itu?

Ada beberapa jenis pengasuhan. Salah satunya adalah membesarkan orang tua dari helikopter. Bagaimana pendidikan helikopter ini? Apa dampaknya terhadap perkembangan mental anak-anak? Ayo, cari tahu lebih banyak tentang pengembangbiakan helikopter!

Orang tua helikopter adalah istilah lain untuk orang tua yang terlalu protektif. Orang tua dengan pengasuhan helikopter cenderung terlalu melindungi dan mengatur segala sesuatu yang berkaitan dengan anak-anak.
Helikopter Ayah dari orang tua

Orangtua dari helikopter biasanya disebabkan oleh kekhawatiran orang tua yang berlebihan, persaingan di antara orang tua dan rasa takut diabaikan oleh anak-anak.

Orang tua dari helikopter cenderung “menaungi” anak-anak dalam segala hal. Orang tua dari orang tua helikopter dapat mendaftar di setiap tahap usia.

Sebelum usia sekolah, pendidikan ini bisa dilihat pada sikap orang tua yang tidak pernah membiarkan anak bermain sendiri atau selalu mengarahkan perilaku anak.

Kemudian, pada anak-anak usia sekolah, pengasuhan helikopter mencakup menentukan kegiatan atau teman-teman anak-anak, memastikan bahwa guru atau pelatih anak berada di sekolah seperti yang diinginkan, atau melakukan pekerjaan rumah (pekerjaan rumah) sehingga anak tersebut merasa sempurna
Dampak negatif helikopter orangtua

Jika dibiarkan, orang tua yang merupakan orang tua dari helikopter dapat memiliki dampak negatif pada anak-anak. Mengasuh anak dapat membuat anak menjadi:

  • Sulit untuk memecahkan masalah

Menurut penelitian, anak-anak yang diasuh oleh orang tua yang merupakan orang tua cenderung mengalami kesulitan menyelesaikan masalah mereka sendiri. Terutama dalam menyelesaikan masalah yang ada di lingkungan sekolah.

  • Itu selalu tergantung pada orang lain dan tidak mandiri.

Jika orang tua selalu membangunkan anak-anak di pagi hari untuk sekolah dan mempersiapkan semua kebutuhan mereka, termasuk membersihkan ransel, anak-anak tidak akan belajar mandiri. Bahkan, ada kalanya anak-anak tidak lagi tinggal bersama orang tua mereka dan mau tidak mau harus bisa mengurus diri sendiri.

  • Sulit mengendalikan emosi.

Mengasuh helikopter dapat meningkatkan risiko anak mengendalikan emosi. Inilah yang juga membuat anak sulit bersosialisasi dengan teman-teman mereka.

  • Tidak percaya diri

Membantu mengasuh anak dapat membuat anak merasa tidak aman. Ini karena ketidakpercayaan orang tua pada kemampuan anak untuk melakukan sesuatu, sehingga anak juga tidak percaya pada kemampuan mereka sendiri. Selain itu, anak-anak yang mengalami perkembangbiakan helikopter memiliki peningkatan risiko depresi.
Bagaimana mencegah dampak negatif dari pola orang tua pada helikopter

Melindungi anak-anak sebenarnya merupakan kewajiban orang tua. Tetapi jika berlebihan, dampaknya tidak baik untuk anak-anak. Untuk mencegah efek negatif dari pengembangbiakan helikopter, ada beberapa cara untuk melakukannya, yaitu:

  • Buatlah daftar kemampuan anak-anak.

Ibu dan ayah dapat menulis daftar keterampilan Si Kecil di selembar kertas dan kemudian menghiasnya. Setelah itu, perlihatkan daftar itu kepada Si Kecil dan yakinkan dia bahwa ada banyak hal yang dapat dia lakukan sendiri. Dengan cara ini, kepercayaan diri anak akan tumbuh.

  • Itu tidak membantu anak-anak ketika mereka dihukum.

Cobalah untuk tidak membantu anak Anda ketika dia dihukum karena kesalahan atau kelalaiannya, misalnya ketika dia dihukum karena tidak melakukan pekerjaan rumah di sekolah.

Jika Ibu dan Ayah membantunya menghukum, Si Kecil tidak akan menyerah dan akan terus mengulangi kesalahan yang sama. Selain itu, Anda juga tidak akan belajar untuk bertanggung jawab atas perilaku Anda sendiri.

  • Itu tidak membantu anak-anak menyelesaikan semua masalah.

Mulai sekarang, berhentilah membantu anak-anak menyelesaikan masalah sepele, seperti mengikat tali sepatu atau mengerjakan pekerjaan rumah. Ketika gadis kecil itu meminta bantuan dari ibu atau ayah untuk melakukan hal-hal yang bisa dia lakukan sendiri, ajari dia bagaimana melakukannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *