5 Kebiasaan yang Ternyata Bisa Merusak Rambut

Rambut rontok dan sulit diatur seringkali jadi permasalahan yang merepotkan, terutama bagi wanita. Ya, kalau rambutmu rontok dalam jumlah banyak, volume rambut bisa berkurang dan membuatmu tidak percaya diri saat beraktivitas. Mungkin selama ini kamu hanya menggunakan perawatan rambut standar, tapi kok, rambutmu bisa rusak?

Secara tidak sadar, mungkin kamu melakukan beberapa hal yang ternyata berpotensi mengakibatkan kerusakan pada rambut. Terlebih lagi kamu sering traveling ke luar kota, misalnya punya rencana ke Padang dengan pesawat? Cobalah untuk menghindari beberapa hal berikut ini untuk merawat rambutmu.

1. Penggunaan Nourishing Oil

Apakah kamu terbiasa menggunakan nourishing oil untuk membuat rambutmu lebih lembut dan berkilau? Penggunaan nourishing oil biasanya diaplikasikan ke rambut setelah keramas. Namun, siapa sangka jika penggunaan jangka panjang bisa menyebabkan rambut kering, rapuh, dan kusam. Hal ini kemungkinan besar disebabkan karena rambutmu tidak tahan terhadap kontaminasi bahan kimia dari nourishing oil.

2. Gesekan dari Tali Tas

Bagi kamu yang punya rambut panjang melebihi bahu, sebaiknya pastikan bahwa strap tas kamu tidak terlalu sering terkena rambut. Rambut yang tidak sengaja tertarik dan bergesekan dengan tali atau strap tas yang dipakai akan membuat rambut jadi rapuh. Jadi, pastikan kamu mengangkat rambutmu terlebih dahulu untuk menghindari ujung rambut yang tidak sengaja tertarik dan mengakibatkan kerusakan folikel.

3. Menyisir Rambut Basah

Apa yang salah dengan menyisir rambut basah? Bukankah sebagian besar orang memang menyisir rambut setelah keramas? Hal ini ternyata bisa merusak rambutmu loh. Helai rambut yang basah lebih rentan terhadap kerusakan. Saat menyisir rambut dari atas ke bawah, air memecah ikatan hidrogen alami yang seharusnya memberi bentuk pada rambut. Ketimbang menyisir rambut saat basah, lebih baik cukup uraikan rambutmu dengan jari.

4. Menggunakan Sarung Bantal Katun

Bahan katun memang sangat nyaman dipakai untuk berbagai kebutuhan, termasuk penggunaan sarung bantal. Namun, secara tidak sadar sarung bantal katun menyebabkan helaian rambut kehilangan kelembapannya. Sarung bantal dengan bahan sutera memiliki permukaan yang licin dan tidak menyerap kelembapan rambut. Saat bangun di pagi hari, rambutmu juga tidak akan kusutloh.

5. Mengeringkan Rambut dengan Handuk

Saat baru saja selesai keramas, rambutmu berada di kondisi sangat rentan pada kerusakan. Selesai keramas, kutikula rambut akan terbuka dan lebih mudah rusak. Jadi, kamu sebaiknya tidak melilitkan rambut dengan handuk karena akarnya bisa tertarik. Belum lagi kalau kamu mengeringkan rambut dengan menggosok dan membungkusnya. Sebagai alternatif, kamu bisa menggunakan kain microfiber dengan daya serap yang lebih aman.

Setidaknya kamu pasti pernah melakukan satu dari beberapa kesalahan di atas. Jika begitu, cobalah untuk mulai mengurangi kebiasaan yang ternyata bisa berpotensi merusak kesehatan rambut indahmu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *